Football on Fire Ricky Kusnandar: Tugas Bahasa Indonesia - Definisi Esai

Pages

Sunday, September 29, 2013

Tugas Bahasa Indonesia - Definisi Esai



Apa yang dimaksud dengan Esai ? Buatlah contoh Esai tentang diri anda !

Definisi Esai

Yang dimaksud dengan Esai adalah karangan prosa yang membahas suatu masalah secara sepintas, dari sudut pandang penulisnya. Pengarang esai biasanya disebut esais. Ada dua macam jenis esai yaitu, Esai bersifat informal dan formal. Esai informal biasanya menggunakan bahasa percakapan, dengan bentuk sapaan “saya” dan seolah-olah si pengarang berbicara langsung dengan pembacanya. Sedangkan esai yang formal pendekatannya serius. Pengarang mempergunakan semua persyaratan penulisan.


Contoh Esai Singkat Tentang Diri Saya :

Nama saya Ricky Kusnandar saya seorang mahasiswa salah satu perguruan tinggi swasta di jakarta. Saya anak pertama dari dua bersaudara. Saya memiliki adik laki-laki yang saat ini kelas 1 SMA. Saat ini saya kuliah di Universitas Gunadarma fakultas ilmu komputer  jurusan sistem informasi. Dahulu saya bersekolah di SMA Negeri 44 Jakarta. Di SMA saya jurusan IPS. Sedangkan untuk SMP saya bersekolah di SMP Negeri 109 Jakarta. Lalu untuk SD saya bersekolah di SDN Cipinang Melayu 04 Pagi. Alasan saya masuk jurusan sistem informasi karena memiliki ketertarikan di bidang komputer dan saya merasa lapangan pekerjaan dibidang ini akan meningkat di masa yang akan datang seiring berkembangnya zaman dan teknologi. Saya memilih perguruan tinggi swasta dikarenakan saya berasal dari jurusan IPS sedangkan untuk fakultas komputer perguruan tinggi negeri harus berasal dari jurusan IPA. Alasan Saya memilih Universitas Gunadarma karena sudah dikenal bagus dibidang komputernya sejak dahulu. Sekarang saya sudah tingkat 3 atau lebih tepatnya semester 5. Tidak terasa saya telah menjalani perkuliahan ini selama 2 tahun. Selama 2 tahun ini saya banyak mempelajari hal-hal yang baru, sebut saja belajar bahasa pemrograman misalnya. Di SMA saya tidak mempelajarinya karena memang bukan bidangnya. Awalnya saya tidak mengerti dan bingung namun seiring berjalannya waktu, saya dapat mempelajarinya dan memahaminya. Sampai semester ini IPK saya sudah lumayan namun masih di bawah harapan saya, untuk itu saya harus terus berusaha meningkatkan kualitas belajar dalam perkuliahan. Di tambah lagi di semseter 6 nanti ada PI yaitu penulisan ilmiah. Di kampus saya, setiap mahasiswa di semester 6 diwajibkan membuat sebuah program aplikasi komputer lalu dibuat dalam sebuah karya tulis yang menjelaskan tentang program tersebut lalu nanti disidang layaknya skripsi. Bisa dibilang penulisan ilmiah ini semacam skripsi, mungkin skripsi pada tingkat D3 untuk mendapatkan ijazah D3. Untuk memudahkan bagi mahasiswa yang ingin bekerja. Karena di kampus saya ini tidak terdapat yang namanya PKL atau Praktek Kerja Lapangan. Kalau di kampus lain mungkin pada tingkat D3 seperti itu ada yang namanya PKL. Jadi PI atau penulisan ilmiah tersebut mungkin sebagai pengganti PKL tersebut. Dengan adanya PI tersebut fokus kuliah dan waktu kuliah pun pasti akan terbagi, ditambah lagi dengan adanya praktikum tiap minggu. Di semester 5 ini terdapat 4 praktikum di setiap minggunya dan di setiap selesai praktikum terdapat tugas untuk membuat laporan praktikum. Rasanya semakin kesini semakin sulit dan semakin berat menjalani perkuliahan, mudah-mudahan saya dapat mencapai harapan saya dan mendapatkan hasil yang maksimal untuk membanggakan kedua orang tua saya. Demikian esai singkat tentang saya. Sekian dan terima kasih.

No comments:

Post a Comment