PERILAKU
KONSUMEN PADA SUATU PRODUK
Perilaku konsumen adalah proses dan aktivitas ketika
seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta pengevaluasian produk dan jasa demi
memenuhi kebutuhan dan keinginan. Perilaku konsumen merupakan hal-hal yang mendasari konsumen untuk
membuat keputusan pembelian.
Adapun
faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen :
1.
Faktor
Ekstern
Faktor yang berasal dari luar,
meliputi :
a)
Faktor
social
b)
Faktor
kultural
2.
Faktor
Internal
Faktor yang berasal dari luar,
meliputi :
a)
Economic
Situation
b)
Lifestyle
c) Personality and Self Concept
d) Age and Life Cycle Stage
e) Occupation
3. Faktor Psikologi
a)
Motivation
b)
Perception
c) Learning
d) Beliefs and Attitude
PROFIL PRODUK COCA-COLA
Coca-Cola
adalah minuman ringan berkarbonasi yang dijual di toko, restoran, dan mesin
penjaja di lebih dari 200 negara. Minuman ini diproduksi oleh The Coca-Cola
Company asal Atlanta, Georgia, dan sering disebut Coke saja (merek dagang terdaftar The Coca-Cola Company di Amerika
Serikat sejak 27 Maret 1944). Perusahaan ini memproduksi konsentrat yang
kemudian dijual ke pabrik Coca-Cola berlisensi di seluruh dunia.
Jenis-jenis
Coca-Cola di Indonesia
Di Indonesia, Coca-Cola diproduksi oleh PT. Coca-Cola
Bottling Indonesia, Bekasi 17520-Indonesia, terdapat tiga versi, yaitu :
Coca-Cola, minuman berkarbonasi rasa kola
Diet Coke, versi diet dari Coca-Cola
Coca-Cola Zero, versi tanpa kalori dari Coca-Cola
Komposisi Coca-Cola :
Air berkarbonasi, gula, perisa kola, pewarna karamel,
pengatur keasaman asam fosfat, kafein.
Analisis SWOT
pada produk coca-cola :
Strength (kekuatan)
kehigienisan
proses
merknya
sudah branded
Produk sudah
terpercaya
Merupakan produk
minuman soda di Indonesia yang sudah menjadi produk favorit di Indonesia
Weakness (kelemahan)
Memiliki rasa
yang sama dengan minuman soda lain
Opportunity (peluang)
BrandLoyalty
coca-cola yang kuat ymerupakan hasil dari pengembangan saluran distribusi,
menjaga kualitas, dan strategi promosi yang dilakukan dengan jargon “segarkan
semangatmu” sehingga menjadi familiar disemua kalangan masyarakat Indonesia dan
memberikan suggesti untuk membeli produk
ini.
soda
merupakan minuman yang masih umum di Indonesia dan coca-cola dapat dikonsumsi
dimana saja.
Threath (Ancaman)
Banyaknya kompetitor
/ pesaing dengan banyak variasi rasa. Seperti produk Bigcola minuman bersoda.
Gaya hidup
masyarakat Indonesia yang akan berubah, banyak masyarakat nya yang juga suka
minum kopi atau minum teh.
Jadi, Produk coca-cola memiliki keunggulan–keunggulan
dibandingkan produk minuman soda lain dimata konsumen, baik dari segi faktor
psikologis (selera , motivasi konsumen menyukai dan memilih produk ini
dibanding produk lain) , factor intern (seperti pendapatan, pekerjaan, yang
mempengaruhi pembelian terhadap produk coca-cola) , dan faktor eksternal (
budaya melalui produk dalam negeri atau produk luar negeri, lingkungan sekitar,
faktor ikut-ikutan dan sebagainya). Konsumen menyukai coca-cola karena
keunggulan produknya seperti berikut ini :
Factor kehigienisan proses
Factor komposisi, misalkan tingkat
kemanisannya
Factor kesegaran dan kehigienisan
bahan baku
Factor merk ( brand )
Factor ke ekonomisan harga
Untuk mendapatkan kepuasan maksimal,
konsumen memberi saran yang membangun terhadap produk coca-cola dan dapat
dilihat sebagai suatu peluang (opportunity) pengembangan produk maupun
pendapatan. Saran-saran tersebut sebagai berikut :
Perbanyak variasi produk
Pertahankan kualitas kemasan produk
No comments:
Post a Comment