Football on Fire Ricky Kusnandar: Tugas Teori Organisasi Umum - Penentuan Harga Permintaan & Penawaran

Pages

Wednesday, March 27, 2013

Tugas Teori Organisasi Umum - Penentuan Harga Permintaan & Penawaran

PENENTUAN HARGA PERMINTAAN & PENAWARAN


Penawaran dan permintaan adalah gambaran atas keadaan di pasar, antara pembeli dan penjual. Penawaran dan permintaan digunakan untuk menentukan harga di pasar.


Pengertian Permintaan

Permintaan adalah barang yang akan dibeli atau yang diminta pada tingkat harga tertentu dalam waktu tertentu.


Hukum Permintaan :

Hukum permintaan berbunyi: apabila harga naik maka jumlah barang yang diminta akan mengalami penurunan, dan apabila harga turun maka jumlah barang yang diminta akan mengalami kenaikan.


Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan :

A.Selera

Bila selera masyarakat pada suatu barang tinggi maka jumlah barang tersebut akan meningkat, demikian sebaliknya. Contoh : permintaan terhadap handphone android


B. Pendapatan konsumen

Bila pendapatan masyarakat tinggi, maka daya beli masyarakat semakin besar, demikian sebaliknya.


C. Harga barang

Masyarakat akan memilih barang yang harganya lebih murah dibanding yang mahal dengan kualitas yang sama.


D. Perkiraan harga

Bila masyarakat menmperkirakan harga barang akan terus mengalami kenaikan harga, maka mereka akan menambah jumlah barang yang dibelinya dari biasanya. Contoh: Pada saat krisis ekonomi, ketika masyarakat memperkirakan harga-harga sembako akan melambung tinggi, maka mereka akan memborong sembako tersebut.



Pengertian Penawaran

Penawaran adalah sejumlah barang yang ditawarkan pada tingkat harga tertentu dan waktu tertentu.


Hukum Penawaran

Hukum penawaran berbunyi: bila tingkat harga mengalami kenaikan maka jumlah barang yang ditawarkan akan naik, dan bila tingkat harga turun maka jumlah barang yang ditawarkan turun.


Faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran, diantaranya :

A.Biaya produksi

Bila harga bahan baku mahal maka biaya produksi menjadi tinggi dan menyebabkan harga barang yang akan dijual menjadi mahal.


B. Perkiraan harga barang

Bila pendapatan masyarakat meningkat, biaya produksi berkurang dan tingkat harga barang naik, maka produsen akan menambah jumlah barang yang ditawarkan. Tetapi bila pendapatan masyarakat tetap, biaya produksi mengalami peningkatan, harga barang naik, maka produsen mengurangi jumlah barang yang ditawarkan.


C. Harga barang itu sendiri

Harga barang akan mempengaruhi jumlah barang yang diminta. Jika harga naik jumlah permintaan barang akan meningkat, sedangkan jika harga turun maka jumlah permintaan barang akan menurun.



Perilaku Konsumen

Perilaku konsumen adalah ketika seseorang membuat keputusan pembelian. Ketika seseorang ingin membeli barang yang harganya murah,mereka mengambil keputusan dengan mudah. sedangkan untuk membeli barang yang harganya mahal,merekea mengambil keputusan dengan pertimbangan yang matang (dipikir-pikir terlebih dahulu).

Fungsi Perilaku Konsumen Bagi Produsen

pertama adalah untuk merancang strategi pemasaran, misalnya menentukan kapan saat yang tepat memberikan diskon. Kedua, perilaku konsumen dapat membantu pembuat keputusan membuat kebijakan publik, misalnya dengan mengetahui bahwa konsumen akan banyak menggunakan transportasi saat lebaran, pembuat keputusan dapat merencanakan harga tiket transportasi di hari raya tersebut. Ketiga, dalam hal pemasaran sosial (social marketing), yaitu penyebaran ide di antara konsumen.

Dapat disimpulkan bahwa konsumen mempunyai sifat yang selalu ingin mengikuti perkembangan zaman, konsumen lebih peduli akan trend atau gaya hidup dari pada kebutuhan. Sebaiknya jangan mudah terpengaruh keinginan sesaat, telitilah sebeum membeli, apakah barang yang akan kita beli itu termasuk kebutuhan atau keinginan dan apakah bermanfaat untuk kita. Selain itu kurangi pembelian barang yang kurang perlu untuk mengurangi pengeluaran dan mencegah kita menjadi konsumen yang konsumtif.



Perilaku Produsen

Sebuah usaha produksi baru bisa bekerja dengan baik bila dijalankan oleh produsen atau yang sering kita sebut pengusaha. Pengusaha adalah orang yang mencari peluang yang menguntungkan dan mengambil risiko seperlunya untuk merencanakan dan mengelola suatu bisnis.

Pengusaha beda dengan pemilik bisnis kecil ataupun manajer. Bila hanya memiliki sebuah usaha dan hanya berusaha mencari keuntungan, maka orang itu barulah sebatas pemilik bisnis. Bila orang itu hanya mengatur karyawan dan menggunakan sumber daya perusahaan untuk usaha, maka orang itu disebut sebagai manajer. Pengusaha lebih dari keduanya. Pengusaha berusaha mendirikan perusahaan yang menguntungkan, mencari dan mengelola sumber daya untuk memulai suatu bisnis.


Agar berhasil seorang pengusaha harus mampu melakukan 4 hal sebagai berikut :

a. Perencanaan. Perencanaan antara lain terkait dengan penyusunan strategi, rencana bisnis, serta visi perusahaan. Ia harus tau apa yang ingin ia capai dan bagaimana cara mencapai tujuan tersebut.

b. Pengorganisasian. Semua sumber daya yang ada harus bisa ia kelola untuk mencapai tujuan perusahaannya, baik sumber daya, modal, maupun manusia.

c. Pengarahan. Agar rencana bisa terwujud, pengusaha wajib mengarahkan dan membimbing anak buahnya.

d. Pengendalian. Kemampuan ini ada hubungannya dengan bagaimana hasil pelaksanaan kerja tersebut. Apakah sesuai dengan rencana atau justru sebaliknya.



Macam-Macam Gaya Kepemimpinan

1. Gaya Kepemimpinan Otoriter / Authoritarian

Adalah gaya pemimpin yang memusatkan segala keputusan dan kebijakan yang diambil dari dirinya sendiri secara penuh. Segala pembagian tugas dan tanggung jawab dipegang oleh si pemimpin yang otoriter tersebut, sedangkan para bawahan hanya melaksanakan tugas yang telah diberikan.


2. Gaya Kepemimpinan Demokratis / Democratic

Gaya kepemimpinan demokratis adalah gaya pemimpin yang memberikan wewenang secara luas kepada para bawahan. Setiap ada permasalahan selalu mengikutsertakan bawahan sebagai suatu tim yang utuh.


3. Gaya Kepemimpinan Bebas / Laissez Faire

Pemimpin jenis ini hanya terlibat delam kuantitas yang kecil di mana para bawahannya yang secara aktif menentukan tujuan dan penyelesaian masalah yang dihadapi.


No comments:

Post a Comment