Football on Fire Ricky Kusnandar: Tugas 2 Pengantar Telematika - Alat Telematika

Pages

Friday, October 24, 2014

Tugas 2 Pengantar Telematika - Alat Telematika



Karena perkembangan teknologi digital. Istilah telematika juga merujuk pada hakekat cyberspace, yaitu sebagai suatu sistem elektronik yang lahir dari perkembangan dan konvergensi telekomunikasi, media dan informatika. Istilah Teknologi Informasi itu sendiri merujuk pada perkembangan teknologi perangkat-perangkat pengolah informasi.

Kali ini saya akan membahas tentang salah satu contoh alat telematika yang digunakan dalam sehari-hari yaitu Walkie-Talkie atau yang juga dikenal dengan Handy-Talkie. Walkie talkie adalah sebuah alat komunikasi genggam yang dapat menghubungkan dua orang atau lebih dengan pancaran gelombang radio. Walkie Talkie dikenal dengan sebutan Two Way Radio atau radio dua arah dalam istilah formal komunikasi bersystem Half Duflex yang dapat melakukan pembicaraan dua arah, berbicara dan mendengar lawan bicara secara bergantian. Radius jangkuan bicara Walkie talkie 0,5 sampai dengan 2,5 Km tanpa menggunakan pulsa seperti telepon pada umumnya.

Sejarah Walkie Talkie
Walkie Talkie dibuat pada tahun 1937 oleh seorang penemu asal Kanada yang bernama, Donald Lewes Hings , P.Eng, M.B.E., C.M. pertama kali ditemukan, walkie talkie belum dinamakan walkie talkie, benda tersebut adalah” waterproof  2 ways radio” dan diproduksi untuk Dominico pada tahun 1938. Setelah itu” waterproof  2 way radio” yang dapat juga disebut dengan Light Aircraft Emergency Set memiliki berat 12 pounds, besarnya 6” x 7” x 13” dengan antena yang melipat kebawah, serta baterai didalamnya.
Penggunaan nama Walkie Talkie pertama kali terdengar pada tahun 1941, saat itu Hings mengatakan pada media bahwa walkie talkie berasal dari seorang prajurit yang berjalan menggunakan C 18 dengan seragamnya, dan seorang reporter berita bertanya kepadanya apa yang prajurit itu lakukan. Prajurit tersebut membalas dengan mengatakan bahwa "kau dapat berbicara (talk) dengan ini disaat kau sedang berjalan menggenggam ini (C 18)"
Inovasi mengenai Walkie talkie juga datang pada seorang penemu yang lahir di Kanada dan dibesarkan di Amerika, Al Gross. Operator Ham Radio (Call sign W8PAL) walkie talkie adalah penemuan pertamanya yang menggunakan hand-held radio FM kecil dengan alat komunikasi dua arah yang ia kembangkan pada tahun 1938 disaat ia duduk di bangku SMA di Cleveland.
Gross direkrut oleh OSS (Office of Strategic Service) yang sekarang dapat kita sebut dengan CIA, untuk mengembangkan dua arah sistem udara ke darat untuk digunakan untuk berkomunikasi dengan intelegen diluar garis yang diketahui oleh musuh. Pada tahun 1941, Gross mengembangkan sebuah model walkie talkie yang dapat berkerja dengan baik yang hanya memiliki berat 4 pounds dengan antena yang simple. Baterainya yang dapat dioperasikan pada unit 260 MHz, frekuensi yang tidak mudah diserang pada wilayah kawasan musuh.
Pada saat ini yang biasa menggunakan Walkie talkie diantaranya :
·                 Kepolisian
Digunakan sebagai alat komunikasi antar anggota dilapangan atau dengan markas.
·                 Pemadam Kebakaran
Digunakan untuk berkoordinasi antar personel pemadam kebakaran pada saat bertugas.
·                 Petugas keamanan / Security
Biasanya digunakan untuk memonitor keadaan sekitar

Saya pernah menggunakan walkie talkie ketika menjadi panitia dalam suatu acara. Untuk melakukan kordinasi, kami antar panitia menggunakan walkie talkie. Selain praktis dan mudah walkie talkie tidak perlu menggunakan pulsa seperti handphone. Jadi walkie talkie sangat membantu sekali untuk berkomunikasi dan berkordinasi. Bayangkan bila memakai handphone, berapa banyak pulsa yang dihabiskan.

Referensi :
·         http://id.wikipedia.org/wiki/Walkie_talkie

No comments:

Post a Comment